Pada tanggal 22 – 25 Juli 2019, STIKes Indramayu mengadakan pelatihan perawatan luka bagi mahasiswa Program Profesi Ners Angkatan 12. Adanya pelatihan perawatan luka dilakukan sebagai bentuk komitmen Institusi untuk menciptakan perawat yang profesional dan kompeten dalam melakukan perawatan luka secara komprehensif. Tujuan dari pelatihan perawatan luka adalah peserta pelatihan mampu memberikan asuhan keperawatan pasien dengan luka secara holistik sesuai dengan kewenangan standar yang telah ditetapkan.

Pelatihan yang berlangsung selama empat hari tersebut diisi dengan pemberian materi, simulasi, dan praktik perawatan luka langsung terhadap pasien dengan luka kaki. Adapun untuk kompetensi yang diperoleh oleh mahasiswa adalah mahaswa mampu melakukan pengkajian luka, merencanakan perawatan pada pasien luka, melakukan perawatan luka akut dan kronik, melakukan pemilihan balutan, melakukan dokumentasi, dan melakukan pengembangan profesional.

Pelatihan ini bekerja sama dengan balai asuhan keperawatan WOCARE Center. Peserta mengaku sangat terbantu, mereka menyatakan bahwa selain mendapatkan ketrampilan terkait praktik perawatan luka, peserta pelatihan juga sangat termotivasi untuk membuka praktik mandiri untuk perawatan luka.

WOCARE center memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap peserta pelatihan maupun STIKes Indramayu. Apresiasi diwujudkan salah satunya dengan memberikan kesempatan kepada alumni alumni Program Profesi Ners STIKes Indramayu untuk melakukan magang di Klinik WOCARE Center di bogor.

 

#Having Positive Contributions

#STIKes Indramayu