Dosen STIKes Indramayu yang tergabung dalam tim pengembangan aplikasi cerdas ibu hamil melakukan uji coba aplikasi di Puskesmas Lohebener Indramayu. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 17 Januari 2019.

 

Tim dosen yang terdiri dari Rudiansyah Lubis, S.KM., M.Kes, Dartwen, S.ST., M.Kes, Cucu Nurmala S.ST., M.Keb, Wayunah, S.Kp., M.Kep, dan Sofi Oktaviani S.Kep., Ns mengembangkan aplikasi tersebut  dalam upaya penanganan kesehatan ibu hamil beresiko tinggi di Wilayah Kabupaten Indramayu. Aplikasi tersebut telah terdaftar dalam Hak Kekayaan Intelektual (HKI) nomer 000114002.

Kehadiran Aplikasi Cerdas Ibu Hamil mendapatkan apresiasi positif dari Puskesmas Lohbener. Hj. Uswatun Hasanah, S.KM., M.KH.Kes selaku Kepala Puskesmas Lohbener menyambut baik kedatangan tim STIKes Indramayu yang telah bekerjasama untuk uji aplikasi cerdas ibu hamil. “Aplikasi ini dapat digunakan untuk memasukan data kesehatan dan promosi kesehatan untuk ibu hamil serta  sejalan dengan program ngiung-ngiung Hayuk yang telah dijalankan oleh Puskesmas Lohbener”.

Aplikasi cerdas ibu hamil menggunakan sistem microfosft excel yang dapat dioperasikan dengan mudah oleh pengguna hanya dengan menekan beberapa tombol tersedia. Pada sistem ini, pengguna baik tenaga kesehatan maupun ibu hamil dapat mengetahui Hari Perkiraan Lahir dengan menginput data Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT). Pengguna juga mendapatkan informasi solusi untuk beberapa keluhan yang muncul pada ibu hamil.

Tim pengembang aplikasi berharap aplikasi cerdas ibu hamil dapat menjadi salah satu solusi untuk membantu meningkatkan kesehatan ibu hamil di wilayah Indramayu. Aplikasi ini juga akan terus dikembangkan untuk menjawab kebutuhan ibu hamil.

 

#Having Positive Contributions

#STIKes Indramayu