Perkembangan dunia, saat ini bergerak begitu cepat yang didorong oleh berbagai faktor. Salah satu faktor yang berpengaruh secara signifikan adalah sains. Sains atau ilmu pengetahuan  tumbuh pesat dari dunia akademik kemudian diadopsi ke dunia praktis. Bisnis berbasis sains, muncul dengan berbagai model inovasi yang sangat dinamis, salah satunya adalah Sport Science

 

Sport science merupakan disiplin ilmu yang mempelajari penerapan dari prinsip-prinsip sains dan teknik-teknik yang bertujuan untuk meningkatkan prestasi olahraga. Jerman, Tiongkok, Korea Selatan, dan Australia adalah beberapa negara yang sudah sangat intensif mengimplementasikan iptek olahraga yang canggih. Hasilnya, prestasi atlet pun terdongkrak di berbagai cabang olahraga.

Korea Institute of Sports Science (KISS), adalah bukti bagaimana Korea Selatan mempunyai integritas yang sangat tinggi untuk menunjang performa para atlet dari negara tersebut. KISS merupakan lembaga penelitian ilmiah di bidang ilmu dasar dan terapan berkaitan dengan olahraga. Bidang penelitiannya meliputi fisiologi latihan, biomekanik, psikologi olahraga, dan sosiologi olahraga. KISS juga memberikan dukungan sistem melalui analisis data, pengembangan program ilmiah mutakhir untuk mendukung atlet elit dan profesional, tim nasional dan junior.

Salah satu cabang ilmu dari sport science yang banyak diaplikasikan untuk kepentingan performa atlet adalah biomekanika. Biomekanika adalah ilmu yang mempelajari gerak mekanis dari makhluk hidup. Ilmu ini dapat digunakan untuk menganalisis semua gerakan yang ditimbulkan oleh gerakan manusia yang sedang berolahraga dengan tujuan mendapatkan gerakan atau teknik yang efektif dan efisien. Dengan melakukan analisis gerakan, pelatih bisa memaksimalkan kemampuan atlet yang dibinanya dengan cara menganalisis setiap kesalahan-kesalahan dari teknik atlet kemudian dibetulkan, menganalisis otot apa saja yang dipakai kemudian dilatih agar bisa mendapatkan gerakan-gerakan dan power yang lebih baik.

Kehadiran sport science dinilai mempunyai dampak besar terhadap prestasi olahraga sebuah tim ataupun individu. Salah satu tim sepak bola ternama di English Premier League yang mengaplikasikan sains secara serius, berhasil memperoleh capaian yang fenomenal. Pada Februari 2015, sebuah media Spanyol, Sport, merilis angka pertumbuhan basis penggemar klub-klub sepakbola Eropa dalam cakupan global. Dan di urutan teratas, tim tersebut mencapai angka pertumbuhan 523%, sangat jauh meninggalkan pesaing terdekat, yaitu Bayern Munich yang memperoleh angka 224%.

 

Having Positive Contribution

*Dikutip dari berbagai sumber