Dr. H.M. Hery Saripudin (Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Jeddah-Saudi Arabia) memberikan kuliah umum untuk mahasiswa STIKes Indramayu dengan tema “Langkah Sukses Menjadi Tenaga Kesehatan Profesional Dalam Dunia Internasional”pada tanggal 08 Febuari 2018. Dihadapan mahasiswa yang yang terdiri dari mahasiswa tingkat akhir Program Studi Kebidanan, Kesehatatan Masyarakat, Ilmu Keperawatan dan Prodi Profesi Ners, Hery memberikan pemaparan mengenai Profesionalisme Tenaga Kesehatan dan Peluang Kerja Tenaga Kesehatan di Arab Saudi. Untuk menjadi seorang Tenaga Kesehatan Profesional dengan kompetensi Internasional, yang wajib dimiliki adalah keterampilan, sikap, dan bahasa. Tenaga Kesehatan yang berasal dari Indonesia, diakui oleh beliau mempunyai keterampilan diatas Negara Asia lainya terutama dalam hal perilaku. Tenaga Kesehatan yang berasal dari Indonesia dikenal sangat ramah, ringan tangan, dan mampu memberikan pelayanan prima kepada pasiennya. Sikap inilah yang membuat Tenaga Kesehatan dari Indonesia banyak disenangi oleh masyarakat Arab Saudi. Sedangkan untuk kemampuan bahasa, yang wajib dikuasi oleh seorang Tenaga Kesehatan adalah bahasa Inggris karena sebagian besar Rumah Sakit di Arab Saudi menggunakan bahasa Inggris untuk berkomunikasi.

Dalam paparannya, Hery juga memberikan beberapa informasi mengenai peluang kerja sama yang dapat dilakukan dengan Arab Saudi baik kerja sama dalam penyaluran Tenaga Kesehatan Profesional di beberapa Rumah Sakit di Arab Saudi maupun kerjasama pertukaran pelajar antar institusi yang dapat dilakukan oleh STIKes Indramayu dengan beberapa Universitas di Arab. Beliau sangat menyambut baik niatan kerjasama yang akan dibangun oleh STIKes Indramayu dengan Arab Saudi karena dari KJRI sendiri sudah menerima beberapa tawaran kerjasama dari beberapa perusahaan dan rumah sakit di Arab Saudi yang mungkin dapat ditindaklanjuti.

Peserta Kuliah Umum “Langkah Sukses Menjadi Tenaga Kesehatan Profesional Dalam Dunia Internasional”

Ditengah-tengah sesi diskusi, Dr. H. Heri Sarifudin memberikan motivasi kepada seluruh peserta yang hadir dalam kuliah umum untuk terus meningkatkan potensi diri. Semua mahasiswa harus yakin dengan kemampuan dirinya dan yakin mampu menjadi seorang Tenaga Kesehatan yang Profesional yang mampu bekerja di Luar Negeri. “Where there is a will, there is a way. Jika ada niat, Allah pasti akan mengabulkan”.

Peserta yang hadir dalam kuliah umum mengaku mendapatkan banyak manfaat dan membuka wawasan mereka mengenai peluang kerja Tenaga Kesehatan di Luar Negeri terutama Arab Saudi. “Kegiatan kali ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa karena ilmu didapatkan langsung dari orang-orang yang sudah sangat berpengalaman” ungkap Sukani mahasiswa Program Profesi Ners STIKes Indramayu.

Let''s Have Positive Contributions