Kerjasama Penelitian antara STIKes Indramayu dan Shiga Medical Science University dari Jepang berlanjut di tahun 2018. Kerjasama yang sudah dibangun sejak tahun 2014, akan dilanjutkan pada tahun 2018 dengan fokus kajian yang lebih variatif dari tahun sebelumnya. Mayumi Mizutani, Ph.D selaku peneliti dari Shiga University melakukan kunjungan ke STIKes Indramayu selama satu minggu dari tanggal 25-29 Desember 2017. Selama berada di Indramayu, tim peneliti dari Jepang dan dari STIKes Indramayu yang terdiri dari Heri sugiarto, S.KM., M.Kes, dan Riyanto, S.Kep., M.Kep melakukan kegiatan study pendahuluan untuk persiapan penelitian yang diagendakan di tahun 2018.

Kegiatan dimulai dengan memberikan edukasi kepada masyarakat melalui radio terkait penyakit hipertensi dan dilanjutkan dengan kuliah umum untuk mahasiswa STIKes Indramayu dengan tema “Hypertension Prevention Program”. Materi pada kuliah umum tersebut merupakan hasil penelitian yang telah dilakukan STIKes Indramayu dan Shiga University pada tahun sebelumnya.

Mayumi Mizutani, Ph.D memberikan materi kuliah umum bagi mahasiswa STIKes Indramayu

Tim peneliti juga melakukan diskusi dengan dosen STIKes Indramayu tentang masalah kesehatan ibu dan anak. Selanjutnya, Mayumi Mizutani, Ph.D memberikan pemaparanya mengenai analisa kesehatan ibu dan anak di Indramayu dan keterkaitan program-program yang telah dilaksanakan di Indramayu. Di akhir diskusi, peserta mencoba memberikan ide mengenai program-program lanjutan yang bisa dilaksanakan di Indramayu untuk mengatasi permasalahan kesehatan ibu dan anak.

Diskusi dengan dosen STIKes Indramayu tentang masalah kesehatan ibu dan anak.

Mayumi Mizutani, Ph.D menyampaikan rasa terima kasih atas kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan STIKes Indramayu dan beliau memaparkan alasan memilih STIKes Indramayu sebagai partner penelitian “STIKes Indramayu mempunyai program untuk melakukan penelitian berskala internasional, inilah alasan kenapa kami memilih STIKes Indramayu sebagai partner penelitian”

 

Let’s Have Positive Contributions