Sabtu, 9 Desember 2017 Himpunan Mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu menyelenggarakan Talk show dan Voluntary Counseling and Testing  (VCT) dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia dengan tema “Teenagers Without AIDS, bertempat di area panggung Kuliner Cimanuk. Talkshow ini diselenggarakan untuk mengadvokasi pemangku kebijakan terkait dengan permasalahan HIV/AIDS di Kabupaten Indramayu, sehingga dapat memberikan rekomendasi program, kebijakan, dan menghasilkan komitmen bersama antar lintas sektoral terkait dengan penyelesaian masalah HIV/AIDS. Narasumber terdiri dari 5 sektor terkait yaitu Dinas Kesehatan, Komisi Penanggulangan AIDS (KPA), Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia, (PKBI), Akademisi, dan Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI).

Peserta Talkshow terdiri dari BEM dan Hima Perguruan Tinggi di Indramayu, Perwakilan Siswa Sekolah Menengah Atas, LSM  Setia Indonesia, dan masyarakat umum. Narasumber sepakat bahwa masalah HIV/AIDS di Indramayu adalah tanggung jawab bersama. Masyarakat dan Pemangku Kebijakan harus bersatu untuk terus mengedukasi  masyarakat agar masyarakat tidak melakukan perilaku beresiko, sehingga tidak ada lagi kasus baru HIV/AIDS dan tidak ada lagi masyarakat yang meninggal karena HIV/AIDS. Upaya untuk mewujudkan hal tersebut, seluruh narasumber sepakat setelah kegiatan Talkshow akan dilaksanakan pertemuan untuk menindak lanjuti pembahasan program dan kegiatan dalam upaya mengatasi permasalahan HIV/AIDS di Indramayu. Selain itu, disepakati bahwa seluruh sektor terkait dan masyarakat harus mendukung Indramayu untuk membuat peraturan Bupati tentang penanggulangan HIV/AIDS di Indramayu. Kesepakatan tersebut disepakati oleh, Ibu Sri Nasfiah, M.KM yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu, Bapak Drs. H. Susanto, BAE, M.Si selaku Ketua Harian KPA, Bapak Dr. Caya, S.IP., M.Si dan Dr. Indra Ruswadi, MPH dari PKBI, Bapak Idham Latif S.KM., M.Epid dari IAKMI, dan Bapak Heri Sugiarto dari STIKes Indramayu.

Ketua Pelaksana Risni Putri Indriawati dari Semester 3 Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat menyatakan harapannya bahwa kesepakatan yang sudah ditandatangani dapat direalisasikan, sehingga kegiatan talkshow yang telah terselenggara oleh HIMA Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu dapat bermanfaat untuk masyarakat. Sementara Maxi Abi Permana sebagai Ketua HIMA berjanji akan secara aktif berkomunikasi dengan pemangku Kebijakan sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini.

 

Let’s have positive contributions