Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu pada tanggal 06 Desember 2017 mengadakan acara penutupan rangkaian kegiatan Hari Kesehatan Nasional Ke 53 Tahun 2017. Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang jatuh pada tanggal 12 November 2017 bertujuan untuk meningkatkan semangat dan dedikasi tenaga kesehatan beserta masyarakat untuk melakukan berbagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat. Berbagai kegiatan yang telah dilakukan antara lain Jalan Sehat, Sosialisasi Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok yang dilakukan di 80 sekolah di Indramayu, Baksos, Sosialisasi Pencegahan HIV/ AIDS dan Silaturahmi Tenaga Kesehatan.

Dr. H. Dede Bonny Koeswara, MM selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Indramayu dalam pemaparannya menjelaskan bahwa Kabupaten Indramayu merupakan salah satu Kabupaten yang mempunyai perhatian yang tinggi terhadap kesehatan masyarakatnya. Perhatian tersebut nampak pada penurunan angka kematian ibu dan bayi pada tahun 2017 yang turun secara signifikan sebesar 30%. Pada tahun 2018, target angka kematian ibu dan bayi di Kabupaten Indramayu adalah 0%. Berbagai pembenahan juga telah dilakukan oleh Kabupaten Indramayu untuk memberikan kemudahan akses pengeobatan bagi masyarakat yaitu dengan meningkatkan fasilitas dan kualitas tenaga kesehatan di Puskesmas.

Bupati Indramayu memberikan sambutan di penutupun HKN

Sementara itu, H. Anna Sophanah selaku Bupati Kebupaten Indramayu memberikan apresiasi yang sangat tinggi terhadap tenaga kesehatan di Indramayu dengan pencapaian derajat kesehatan masyarakat yang semakin meningkat di setiap tahunnya. Beliau memberikan motivasi kepada seluruh tenaga kesehatan yang hadir untuk terus meningkatkan integritas kerja dan mampu memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat. Indramayu sendiri baru saja memperoleh gelar Kabupaten Sehat Swasti Saba Wistara, harapannya dengan gelar tersebut mampu memotivasi semua pihak untuk terus meningkatkan status kesehatan masyarakat di Indramayu.

 

Pertunjukan Tari oleh Mahsiswa STIKes Indramayu

Untuk meriahkan kegiatan penutupan HKN, beberapa acara hiburan diadakan oleh panitia. Mahasiswa STIKes Indramayu mendapat kesempatan untuk menampilkan persembahan. Mahasiswa dari UKM tari menampilkan tarian yang memadukan antara kebudayaan Indonesia dan Timur Tengah sebagai pembuka acara. Sementara mahasiswa dari Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat Semester 3 menampilkan drama untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. Pertunjukan drama sebagai media edukasi kesehatan dipilih oleh mahasiswa karena mudah diterima oleh masyarakat. Selain itu, perpaduan antar musik, kecakapan memainkan peran dan property yang digunakan dalam sebuah pertunjukan drama terbukti secara efektif mampu menarik perhatian masyarakat umum sehingga isi pesan yang disampaikan akan lebih mudah untuk diterima. Peserta Kegiatan Penutupan HKN sangat mengapresiasi performance mahasiswa STIKes Indramayu.

Let's Have Positive Contributions