Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Desember, pada tahun 2017 mengusung tema “Saya berani, saya sehat”. Tema ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap HIV dan AIDS dengan cara melakukan tes HIV.

Setelah tes, jika hasilnya positif maka akan dilanjutkan dengan pengobatan antiretroviral (ARV) sedini mungkin. Melalui kampanye ini, masyarakat diajak untuk berperan serta dengan cara sederhana menyerukan “Saya berani” lewat tulisan pada tangan atau lengan. Harapannya, mereka yang ikut dalam kampanye ini pada akhirnya akan memeriksakan status HIV mereka ke layanan kesehatan terdekat.

Hari AIDS Sedunia dicetuskan pertama kali oleh James W. Bunn dan Thomas Netter pada Agustus 1987. Dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di Organisasi Kesehatan Sedunia di Geneva, Swiss itu kemudian menyampaikan ide tersebut kepada Dr. Jonathan Mann, Direktur Program AIDS Global, yang kini dikenal dengan sebutan UNAIDS. Dr. Mann menyukai konsepnya, menyetujuinya, dan setuju dengan rekomendasi bahwa peringatan pertama Hari AIDS Sedunia akan diselenggarakan pada 1 Desember 1988.


Tujuan peringatan hari HIV AIDS sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran individu untuk berusaha menghindar dari penyakit yang mematikan ini, dan berupaya menjaga agar keluarga kita, teman, tetangga, dan seluruh saudara sebangsa kita tidak terjangkiti HIV/AIDS. Serta menunjukkan kepedulian kepada para penderita HIV/AIDS. Sebab mereka bagian dari kita juga dan tidak semua penderita adalah pelaku. Banyak juga diantara para penderita HIV/AIDS yang hanya menjadi korban, tetapi diharuskan memikul banyak beban. Seperti anak-anak yang tertular dari orangtuanya sewaktu dalam kandungan, ibu-ibu rumah tangga baik-baik yang tertular dari suaminya yang tidak setia, atau pun yang tertular melalui tranfusi darah.

Pada tahun ini, STIKes Indramayu mengadakan dua acara untuk memperingati hari AIDS sedunia. Kegiatan tersebut adalah seminar Keperawatan Nasional yang menganggkat tema “BERSAMA ODHA TANPA STIGMA” yang akan diadakan pada tanggal 09 Desember 2017 di Gedung PGRI, Sindang, Indramayu. Pada kegiatan tersebut juga akan diadakan pemeriksaan VCT gratis sebagai bentuk dukungan tema HAS tahun 2017 “saya berani, saya sehat”. Kegiatan kedua adalah talkshow, parade akustik dan karaoke yang akan dilaksanakan di panggung kuliner cimanuk pada tanggal 09 Desember 2017 pukul 19.00. Dalam parade tersebut, mahasiswa STIKes Indramayu akan menyuarakan pendapat mereka mengenai HIV/AIDS kepada masyarakat umum melalui seni dan karya. Harapannya, edukasi melalui kegiatan informal tentang HIV/AIDS akan lebih mudah diterima oleh masyarakat umum khususnya masyarakat Indramayu.

Let’s have positive contributions