Indramayu, 18-19 November 2017 Hima Kesmas Program Studi Kesehatan Masyarakat menjadi tuan rumah kegiatan Basic Training Of Public Health (BTOPH) yang dihadiri mahasiswa kesehatan masyarakat dari berbagai Perguruan Tinggi di Jawa Barat. Kegiatan BTOPH bertema “Membentuk Karakter Mahasiswa Kesehatan Masyarakat  yang  KASIJI (Komitmen, Aktif, Solid, Intelek, Jujur, Inisiatif)”.

Tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan minat & partisipasi mahasiswa dalam kehidupan berorganisasi, membentuk mahasiswa kesehatan masyarakat yang peduli & kritis terhadap permasalahan kesehatan masyarakat, dan membekali mahasiswa untuk dapat terjun langsung ke masyarakat dalam menyelesaikan masalah kesehatan masyarakat.

 

Foto Bersama Peserta BTOPH

Kegiatan BTOPH dilaksanakan selama dua hari, kegiatan di hari pertama difokuskan pada workshop yang bertempat di Aula STIKes Indramayu. Sedangkan di hari kedua adalah kegiatan Pengabdian Masyarakat dilanjutkan city tour. Pengabdian masyarakat dilaksanakan di area bantaran sungai cimanuk, seluruh peserta BTOPH memberikan edukasi kepada masyarakat terkait dengan menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan. Lingkungan menjadi fokus kajian bagi mahasiswa karena dalam beberapa kurun waktu terakhir banyak penyakit yang diakibatkan oleh buruknya kebersihan lingkungan.

“Kegiatan BTOPH sangat bermanfaat bagi mahasiswa Kesmas khususnya mahasiswa baru, karena kegiatan ini merupakan kegiatan yang menunjang pengetahuan dasar tentang Kesehatan Masyarakat yang belum didapat di mata kuliah pada umumnya” Komentar Eno Nurjanah selaku Ketua Pelaksana yang merupakan mahasiswa Kesehatan Masyarakat STIKes Indramayu semester 3

Sementara Ketua Hima Kesmas, Maxi Abi Permana yang mereupakan mahasiswa Kesmas Semester 5 mengungkapkan apreasi yang sangat besar terhadap kegiatan BTOPH dan kerja keras panitia dalam mempersiapkan kegiatan tersebut.

“BTOPH sungguh luar biasa karena pesertanya terdiri dari beberapa institusi di Jawa barat. Kegiatan ini adalah kegiatan yang pertama bagi Hima Kesmas STIKes Indramayu karena pada kegiatan BTOPH sebelumnya hanya terdiri dari peserta internal kampus STIKes Indramayu. Namun, meskipun ini yang pertama bagi kami, kegiatan dapat berjalan dengan sukses dan mendapatkan antusias yang begitu positif dari peserta. Harapannya, dengan diselenggarakanya BTOPH sejabar ini akan memperkuat jaringan dan akan berlanjut setiap tahunnya”

Pengabdian masyarakat peserta BTOPH di area bantaran sungai Cimanuk

Selain sebagai sarana untuk meningkatkan kapasitas keilmuan sebagai calon tenaga Kesehatan Masyarakat yang professional, kegiatan ini juga bermanfaat untuk memperkuat jaringan komunikasi mahasiswa dalam Ikatan Senat Mahasiswa Kesehatan Masyarakat Indonesia (ISMKMI). Jaringan komunikasi antar mahasiswa kesehatan masyarakat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan advokasi mahasiswa kepada stakeholder atau pemerintah dalam upaya menyelesaikan masalah-masalah kesehatan.

 

Let’s Have Positive Contributions