Indramayu, 06 November 2017 BEM STIKes Indramayu untuk ketiga kalinya sukses mengadakan Seminar Motivasi STIKespreneur. Kegiatan yang rutin diselenggarakan setiap tahun ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi mahasiswa untuk berani bewirausaha dan menyadari akan pentingnya entrepreneur terutama wirausaha pada bidang kesehatan. Pada tahun 2017, BEM STIKes Indramayu menghadirkan dua pembicara tingkat Nasional yaitu dr. Gamal Albinsaid dan Aluna Sagita Gutawa. Kegiatan yang diselenggarakan di Gedung PGRI Indramayu dihadiri lebih dari 600 peserta baik dari dalam maupun dari luar STIKes Indramayu.

Dalam pemaparannya, dr. Gamal Albinsaid menjelaskan mengenai konsep bank sampah yang digagas oleh beliau. Atas gagasannya, dr. Gamal Albinsaid mendapatkan penghargaan “The Prince of Wales Young Sustainability Entrepreneur" dari Pangeran Charles di Inggris. Konsep Bank sampah adalah micro insurance yang dilakukan dengan memobilisasi masyarakat, menjadikan sampah sebagai sumber anggaran kesehatan mereka. Masyarakat datang ke klinik dengan membawa sampah antara lain berupa botol plastik, kardus dan kertas. Sampah-sampah yang telah ditukarkan akan diganti dengan kartu berobat melalui program klinik asuransi sampah untuk mendapatkan fasilitas pelayanan primer. Pelayanan kesehatan yang dapat diberikan berupa pemeriksaan dokter, pemeriksaan gula darah sampai dengan resep obat.

dr. Gamal memberikan materi mengenai wirausaha di dunia kesehatan

Sementara Aluna Sagita Gutawa memberikan pemaparan mengenai wirausaha yang inovatif dan kreatif. Aluna Sagita Gutawa atau masyarakat umum mengenalnya dengan nama Gita Gutawa adalah seorang penyanyi yang telah memulai karirnya dari tahun 2007. Album pertama Gita Gutawa yang berjudul Kembang Perawan meraih Quaruple Platinum dan menjadikanya sebagai penyanyi pendatang baru terbaik dan meraih album terbaik versi AMI tahun 2008. Meskipun berlatarbelakang penyanyi/artis , Gita Gutawa juga mempunyai minat yang besar pada dunia wirausaha. Setelah menyelesaikan study Jurusan Ekonomi di University of Brimingham, Gita Gutawa melanjutkan study S2 di London School of Economics and Political Science Jurusan Ekonomi Kreatif. Berbekal pendidikan yang diperolehnya selama di bangku kuliah, Gita Gutawa memulai wirausaha pada Industri Musik. Saat ini Gita Gutawa tengah berfokus pada proyek musik yang diberi nama 'Di Atas Rata-rata'. Album ini berisi kompilasi lagu anak-anak dengan kemampuan menyanyi di atas rata-rata. Penyanyi-penyanyi muda yang berumur antara 9 hingga 13 tahun ini menyanyi sesuai dengan kehebatan mereka dalam menguasai beragam macam teknik menyanyi dan jenis musik.

Foto bersama Pembicara STIKespreneur dan dosen STIKes Indramayu

Dengan hadirnya STIKespreneur diharapkan peserta mendapatkan tambahan pengetahuan tentang kewirausahaan dari narasumber tingkat nasional. Peserta juga diharapkan mendapatkan motivasi untuk berani berwirausaha di usia muda terutama dalam bidang kesehatan.

 

Let's Have Positive Contributions