Indramayu, pada tanggal 18-19 Oktober 2017 Program Profesi Ners STIKes Indramayu mengadakan Objective-Structured Clinical Examination (OSCE) untuk mengevaluasi kemampuan klinik mahasiswa Program Profesi Ners. Semua mahasiswa Profesi Ners diwajibkan lulus Ujian OSCE sebelum mereka melakukan Praktek Profesi Ners selama satu tahun.

Evaluasi OSCE sangat penting dilakukan untuk memastikan bahwa mahasiswa yang praktik di rumah sakit telah mempunyai kapasitas untuk melakukan intervensi keperawatan langsung kepada pasien. Selanjutnya, tes ini juga salah satu bentuk komitmen yang dilakukan oleh pihak penyelenggara pendidikan di tingkat Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan untuk menerapkan prinsip patient safety.

Keselamatan pasien (patient safety) merupakan upaya pencegahan terjadinya kesalahan dalam memberikan tindakan pelayanan kesehatan yang dapat membahayakan pasien. Setiap tenaga kesehatan memiliki risiko untuk melakukan kesalahan dalam memberikan pelayanan kesehatan yang dapat mengancam keselamatan dan merugikan pasien. Kesalahan tindakan dapat terjadi di semua lini pelayanan kesehatan di seluruh negara di dunia baik di negara maju maupun berkembang (WHO, 2015). Intervensi keperawatan yang dilakukan sesuai dengan standar operasional prosedur adalah cara yang digunakan oleh perawat untuk melaksanakan asuhan keperawatan berdasarkan prinsip keselamatan pasien.

Pada tes OSCE, mahasiswa akan dievaluasi ketrampilan dasar keperawatan pada tataran klinik yang berdasarkan standar operasional prosedur. Selain itu mahasiswa juga dituntut untuk dapat menerapkan prinsip-prinsip etik dalam pemberian pelayanan keperawatan, memberikan pendidikan kepada pasien & keluarga tentang asuhan yang diberikan, bekerja sama dengan tim kesehatan, menerapkan komunikasi yang baik terhadap pasien dan keluarganya, dan mendokumentasikan dengan benar semua asuhan keperawatan yang diberikan kepada pasien dan keluarga. Dimana, semua kompetensi ini adalah standar kompetensi bagi seorang perawat untuk dapat memberikan asuhan keperawatan yang aman bagi pasien.

Let’s Have Positive Contributions