Sayuran dan buah-buahan mempunyai peranan yang sangat penting untuk menunjang menu diet. Sebagai bagian dari menu diet yang sehat, sayuran dan buah terbukti dapat menurunkan resiko obesitas, diabetes tipe 2, penyakit jantung, stroke dan beberapa jenis kanker. Namun tidak banyak orang tahu bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jiwa manusia. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr. Conner menemukan bahwa konsumsi buah-buahan terbukti dapat menjaga kesehatan jiwa seseorang.

            Penelitian melibatkan 171 siswa dengan umur antara 18 sampai dengan 25 tahun, semua siswa dibagi menjadi tiga grup untuk intervensi selama dua minggu. Satu grup adalah grup kontrol tanpa perlakuan dimana mereka dibiarkan mengkonsumsi makanan seperti apa yang mereka makan sehari-hari. Grup kedua diberi perlakuan dengan memberikan dua porsi tambahan buah dan sayuran segar sementara grup ketiga diberi voucher pembelian buah dan sayuran berikut memberikan pesan peringatan untuk mengkonsumsi lebih banyak buah dan sayur setiap harinya.

            Setelah intervensi diberikan  selama dua minggu, semua responden diminta untuk melakukan tes psikologis untuk mengevaluasi vitalitas, motivasi, tanda dan gejala depresi, dan cemas.  Dari hasil penelitian menemukan bahwa partisipan yang diberi buah dan sayuran dalam porsi yang besar menunjukan peningkatan kesehatan mental yang lebih baik dari pada kedua grup lainnya. Menyediakan buah dan sayuran segar kepada remaja terbukti dapat meningkatkan kesehatan psikologis setelah lebih dari dua minggu dari pada hanya memberikan pesan kepada mereka untuk mengkonsumsi buah atau memberikan voucher pembelian buah. Penelitian yang dilakukan oleh Dr. Conner adalah penelitian pertama yang dapat membuktikan bahwa menyiapkan buah dan sayuran dengan kualitas yang bagus pada remaja terbukti memberikan pengaruh jangka pendek terhadap peningkatan vitalitas, motivasi dan kesuburan.

            Selamat hari pangan, 16 Oktober 2017. Mari kita tingkatkan kualitas makanan kita dengan mengkonsumsi lebih banyak sayuran dan buah-buahan. Let’s have positive contributions.

           

Sumber : https://www.medicalnewstoday.com/articles/315781.php