Pada banyak keadaan manusia kerap terjebak oleh prasangka dan pemikiran buruk mengenai apa yang sebenarnya belum tentu terjadi pada hidupnya. Kondisi ini akan membawa manusia menjadi cemas, takut, dan tak jarang berakibat buruk terhadap kesehatannya jika perilaku buruk sangka ataupikiran negatif berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Life is a mind game, hidup pada dasarnya adalah tentang permainan pikiran. Membawa pemikiran pada sesuatu yang posistif akan membawa banyak dampak baik. Berpikir positif bukan berarti manusia harus mengabaikan situasi yang tidak menyenangkan, namun bagaimana manusia merespon ketidaknyamanan tersebut dengan cara yang lebih positif dan produktif. Beberapa studi menyatakan bahwa kepribadian pesimis dan optimis dapat mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan dalam berbagai aspek. Beberapa manfaat dari berpikir positif adalah:

1. Menigkatkan kemungkinan umur panjang.

Para peneliti di University of Pittsburgh School of Medicine menemukan bahwa wanita menopause yang memiliki sifat optimis mengalami penurunan jangka kematian dan memiliki hanya sedikit risiko terkena diabetes atau tekanan darah tinggi, yang sering kali dialami oleh teman-teman pesimis mereka. Para peneliti menganalisis data dari 100.000 orang wanita dalam studi yang sedang berlangsung, dan hasilnya adalah wanita yang optimis memiliki risiko sebanyak 30% lebih rendah untuk meninggal karena penyakit jantung, dibandingkan dengan yang pesimis. Para wanita yang pesimis juga memiliki 23% kemungkinan untuk meninggal akibat kanker.

2. Memperkuat sistem imun tubuh

Dalam sebuah studi di tahun 2003 pada New York Times menyatakan bahwa berpikir negatif akan melemahkan respon kekebalan tubuh terhadap flu. Ini karena adanya aktivitas listrik yang besar di bagian otak ketika anda berpikir negatif, sehingga hal itu dapat melemahkan respon imun.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Selain mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan, berpikiran positif bisa menjaga kesehatan jantung. Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Havard, optimis bisa menyehatkan jantung karena bisa mencegah penyakit kardiovaskular. Orang yang memiliki pikiran optimis, hati dan pikiran akan tenang sehingga bisa berpengaruh pada kerja jantung.

* Dari berbagai sumber

 

Let's Have Positive Contributrions