Sabtu, 07 Oktober 2017 Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Indramayu mengadakan Penyuluhan Kesehatan Gigi dengan tema ‘Gigiku Gigi Sehat’. Acara yang dilaksanakan di SDN Panyindangan Kulon II dan SDN Panyindangan Kulon III dihadiri oleh seluruh siswa. Acara penyuluhan dimulai dengan pemberian penjelasan mengenai pentingnya menggosok gigi dan cara melakukan gosok gigi yang benar. Setelah siswa paham, mahasiswa kemudian mengajarkan ketrampilan menggosok gigi kepada siswa yang kemudian diikuti oleh seluruh siswa-siswi SDN Panyindangan.

Disampaikan oleh Ketua Pelaksana Kegiatan bahwa alasan utama Penyuluhan Kesehatan Gigi pada anak Sekolah Dasar dilatarbelakangi oleh banyaknya kasus penyakit gigi dan mulut di Indonesia. Berdasarkan teori Blum, status kesehatan gigi dan mulut seseorang atau masyarakat dipengaruhi oleh empat faktor penting yaitu keturunan, lingkungan (fisik maupun sosial budaya), perilaku, dan pelayanan kesehatan. Dari keempat faktor tersebut, perilaku memegang peranan yang penting dalam mempengaruhi status kesehatan gigi dan mulut. Untuk menciptakan perilaku yang positif mengenai kebiasaan menggosok gigi diperlukan kerjasama antar lintas sektoral untuk mengedukasi masyarakat mengenai gosok gigi. Mahasiswa bidang kesehatan dianggap mempunyai peran yang cukup strategis untuk memberikan berbagai penyuluhan dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat yang salah satunya adalah mengubah kebiasaan dalam menggosok gigi. 

Praktik gosok gigi oleh peserta penyuluhan

Selanjutnya mahasiswa berharap agar lebih banyak teman-teman Ilmu Kesehatan yang terlibat dalam upaya promosi kesehatan kepada masyarakat. Sehingga persepsi masyarakat terutama mengenai perilaku kebiasaan menggosok gigi akan berubah. Masyarakat akan tersadar mengenai pentingnya rutinitas menggosok gigi sehingga akan menekan angka penyakit gigi dan mulut.