Dalam upaya meningkatkan kompetensi dosen dan mengoptimalkan pengelolaan perguruan tinggi, Koordinator Kopertis Wilayah IV berkenan hadir di STIKes Indramayu untuk memberikan pembinaan kepada dosen dan karyawan STIKes Indramayu. Acara yang berlangsung pada hari Sabtu, 07 Oktober 2017 dihadiri oleh seluruh dosen dan karyawan di aula STIKes Indramayu. Dalam pemaparannya, Prof. Dr. Uman Suherman AS, M.Pd selaku Koordinator Kopertis menjelaskan mengenai hal-hal yang sangat berperan dalam menunjang sebuah Perguruan Tinggi untuk mencapai prestasi yang tinggi.

Dosen mempunyai peran yang sangat signifikan terhadap kualitas sebuah perguruan tinggi. Dosen dituntut untuk terus meningkatkan kapasitas keilmuannya agar mampu menunjang proses pembelajaran bagi mahasiswa dan meningkatkan mutu pendidikan sebuah perguruan tinggi. Selain kegiatan pembelajaran, seorang dosen juga harus mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat dan terlibat secara aktif dalam berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang menjadi konsentrasi keilmuanya.

Prof. Suherman juga memberikan motivasi kepada seluruh dosen untuk dapat mencapai gelar tertinggi bagi seorang dosen yaitu Jabatan Akademik Professor. Dalam proses meraih gelar Professor, dosen akan menghadapai beberapa tantangan yang tidak mudah. Tantangan utama adalah Publikasi Internasional, dimana untuk mencapai Publikasi Internasional, seorang dosen harus melakukan penelitian ilmiah yang berkualitas. Keterbatasan dana juga menjadi halangan yang kadang menjadi hambatan bagi beberapa dosen untuk mencapai karir tertinggi, namun Prof. Suherman memberikan arahannya bahwa keterbatasan dana bukan alasan utama dosen berhenti menuntut ilmu karena ilmu adalah investasi yang akan membawa seseorang pada kesuksesan dunia dan akhirat.

 

 

Selanjutnya, untuk mencapai sebuah perguruan tinggi yang berkualitas, semua tenaga pendidik dan tenaga kependidikan harus mampu berkomitmen. Proses implementasi pada masing-masing bidang yang dilakukan secara berkesinambungan dan terkoordinir dan tahap evaluasi untuk dapat menilai keberhasilan sebuah implementasi. Dengan adanya pembinaan langsung dari Koordinator Kopertis Wilayah IV diharapkan semua dosen dan karyawan STIKes Indramayu dapat menjalankan tugas dan tanggung jawabnya dengan professional dan termotivasi untuk terus menuntut ilmu dan berkarya pada bidang keilmuanya.