Kamis, 5 Oktober 2017 Program Studi Profesi Ners STIKes Indramayu menyelenggarakan kegiatan PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru) di aula STIKes Indramayu. Kegiatan PKKMB Profesi Ners Tahun 2017 diikuti oleh 65 mahasiswa. Dalam kegiatan tersebut mahasiswa diberikan pengarahan mengenai gambaran kegiatan praktek profesi ners selama 1 tahun. Praktik profesi Ners terdiri dari 9 Stase yaitu Stase Keperawatan Medikal Bedah, Stase Keperawatan Anak, Stase Maternitas, Stase Keperawatan Jiwa, Stase Manajemen Keperawatan, Stase gawat Darurat, Stase Komunitas, Stase Keperawatan Keluarga dan Stase Gerontik. Pada masing-masing stase, mahasiswa diberikan gambaran mengenai metode pembelajaran, target kompetensi, penugasan, dan tata tertib selama proses praktik profesi ners.

Mahasiswa juga dijelaskan mengenai Urgensi Uji Kompetensi Ners Indonesia yang pada setiap tahunnya, standar soal dan standar setting terus mengalami kenaikan. Mahasiswa diharapkan dapat menjalankan proses pembelajaran Profesi Ners dengan sungguh-sungguh sehingga dapat mencapai semua target kompetensi. Pentingnya motivasi diri dan menjaga kesehatan juga menjadi topik utama yang disampaikan pada kegiatan PKKMB. Mahasiswa perlu mendapatkan motivasi karena mereka akan dihadapkan dengan kompleksitas permasalahan diagnose keperawatan pada individu-indivudu di lahan praktik yang sedikit berbeda dengan kajian literature yang selama ini menjadi sumber utama pembelajaran mahasiswa. Mereka harus dapat menangani seorang pasien dengan latar belakang budaya yang berbeda-beda. Keperawatan adalah ilmu yang holistik dimana seorang perawat harus mampu melihat seorang individu sebagai pribadi dengan kebutuhan  fisiologis, psikologis, sosiokultural, dan spiritual.

Tuntutan untuk dapat memahami dan memberikan perawatan yang terbaik bagi indvidu membutuhkan kedewasaan dalam bersikap. Mahasiswa diberikan materi tentang profesinalime perawat. Dengan adanya kegiatan PKKMB, mahasiswa diharapkan mampu memahami semua proses pembelajaran di Program Profesi Ners STIKes Indramayu sehingga melaksanakan pembelajaran dengan baik  dan lulus tepat waktu dengan prestasi tinggi.