Mengawali pembelajaran di STIKes Indramayu bukan perkara yang mudah bagi saya. Saya harus dapat mengontrol diri saya sendiri dan berdamai dengan kenyataan bahwa umur saya tidak semuda teman-teman satu angkatan saya. Awalnya sulit tapi kemudian yang saya pahami adalah pada dasarnya belajar adalah proses yang terus berjalan sapanjang hayat, saya tidak harus malu dengan umur saya. Tidak ada yang berhak membatasi setiap manusia untuk terus belajar termasuk usia. Saya ingin membuktikan bahwa saya juga mampu bersaing dengan teman-teman yang lebih muda dari saya. Mereka jutru menjadi cambuk terbesar bagi saya untuk bertahan dan terus meningkatkan potensi diri. Saya ikuti proses demi proses akademik yang ada di STIKes Indramayu. Yang sekali lagi, ini jelas tidak mudah bagi saya.

Perjuangan selama 4 tahun menempuh kehidupan jenjang sarjana akhirnya berbuah manis dengan selembar pengumuman yang bagi saya itulah titik dimana membawa banyak perubahan dalam hidup saya. Saya dinyatakan diterima sebagai Pegawai Negeri Sipil setelah serangkain proses seleksi yang cukup melelahkan. Ketertarikan saya dengan ilmu Aministrasi dan Kebijakan Kesehatan (AKK) saat kuliah membawa saya dengan kejutan lainnya dari Allah, saya ditempatkan di ‘Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Indramayu bagian perencanaan dan evaluasi’. Allah memang selalu sesuai prasangka baik hambanya. Saya selalu mempunyai prinsip bahwa apapun itu jika kita pelajari dengan tekun maka Allah akan memberikan lebih dari usaha yang telah kita lakukan. Dan saat ini saya benar-benar merasakan betapa proses perkuliahan yang saya lalui dengan banyak keringat dan pengorbanan banyak memberikan kontribusi dalam menunjang karir saya saat ini sebagai aparatur Negara.

Selain aktifitas akademik di STIKes Indramayu dan berbagai kegiatan organisasi, saya juga aktif dalam kegiatan LSM. Bagi saya sebaik-baiknya manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain. Inilah prinsip hidup yang terus saya pegang. Saya yakin bahwa setiap manusia banyak diberikan potensi oleh Allah untuk berkarya dan bermanfaat bagi orang lain. Saya tidak mau hidup saya berakhir pada ukiran batu nisa tanpa memberikan makna apapun bagi orang lain. Berawal dari keterlibatan saya dan beberapa orang teman dalam program HIV/ AIDS di Puskesmas Kadanghaur Kab. Indramayu yang pada saat itu (tahun 2006) mendapat dukungan dana dari Family Health International (FHI), saya mulai tertarik dengan isu HIV/AIDS yang ada di Indramayu dan menyadari betapa permasalahan HIV/AIDS di Indramayu sangat kompleks. Saya mulai tergerak untuk berbuat lebih. Program FHI berakhir pada tahun 2008 dan untuk mejaga agar beberapa program yang telah kami prakarsai tetap bertahan maka kami segera menyusun pendirian LSM Setia Indonesia (LSM-SI).

Bagi saya LSM-SI sendiri lebih dari sebuah mimpi. LSM-SI adalah kehidupan bagi saya yang telah banyak memberikan banyak makna dalam hidup saya. Ketika Allah membuat kita dalam titik terendah, kita akan terbuka untuk perubahan yang besar. Banyak saya temui teman-teman ODHA yang cukup merasa tertekan dengan penyakit yang harus mereka tanggung namun kemudian dari situlah mereka menemukan titik balik kehidupan mereka. Menjadikan mereka sebagai manusia yang jauh lebih baik. Dan hadirnya sebuah perasaan bahagia ketika mendapati teman-teman ODHA yang melahirkan bayi tanpa harus tertular virus yang ada didalam tubuh mereka. Bagi saya perasaan itu adalah sebuah anugrah yang mungkin tidak akan dapat dirasakan oleh mereka yang tidak pernah berjuang dengan apa yang saya perjuangkan.

Belajar di Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat telah banyak memberikan kontribusi dalam perjalanan hidup saya. Saya harap teman-teman mahasiswa dan teman-teman lulusan Program Studi Ilmu Keseahatan Masyarakat mampu untuk lebih terbuka lagi pemikiranya. Bahwa profesi ini jika kita tekuni dengan baik maka akan banyak yang memfasilitasi kita untuk berkarya. Mulailah terbuka dengan menjalin komunikasi dengan banyak pihak. Belajarlah dengan rajin dan terus aplikasikan ilmu-ilmu yang telah anda pelajari agar bermanfaat bagi orang banyak. Dan tunggu saja, kejutan apa yang akan Allah beri untuk anda. Let’s have positive contribution!