Mens sana in corpore sano adalah sebuah ungkapan popular dari bahasa Latin yang memiliki arti "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.". Pentingnya kesehatan melalui kegiatan olahraga telah dipercaya oleh masyarakat untuk meningkatkan produktivitas hidup. Tahun 2017, Indonesia memperingati hari olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 09 September dan mengangkat tema “Olahraga Menyatukan Kita”

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa olahraga selain sebagai kegiatan yang banyak bermanfaat bagi kesehatan tubuh, olahraga juga mampu menjadi sarana yang cukup efektif untuk mempersatukan bangsa. Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir, yang berbeda suku dan agama menjadi bukti nyata bagaimana dengan olahraga semua perbedaan akan menjadi lebur. Bahkan mereka mampu menunjukan dengan perbedaan yang mereka punya, mereka dapat mengharumkan nama Bangsa Indonesia.

Olahraga mempunyai berbagai macam manfaat bagi kesehatan tubuh. Penelitian yang dilaporkan dalam Anxiety, Stress and CopingAn International Journal tahun 2008 mencatat bahwa olahraga bisa menjadi alat yang potensial untuk mengatasi gejala-gejala kecemasan. Manfaat lain dari olahraga adalah untuk menurunkan kolesterol, meningkatkan daya tahan tubuh dan meningkatkan fungsi otak.

STIKes Indramayu sebagai Institusi Perguruan Tinggi Kesehatan di Kabupaten Indramayu berkomitmen untuk selalu menjaga kesehatan Dosen, Karyawan dan Peserta Didik dengan agenda senam yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Berbagai fasilitas olahraga juga telah disiapkan oleh STIKes Indramayu untuk menunjang berbagai bentuk kegiatan olahraga. Diharapkan dengan berbagai fasilitas olahraga di lingkungan STIKes Indramayu, semua unsur civitas akademika dan staff dapat berpartisipasi secara aktif sehingga dapat mencapai kesehatan yang optimal dan menyatukan semua unsur civitas akademika di lingkungan STIKes Indramayu.