Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sangat penting dan merupakan sebuah syarat dalam hal pelaksanaan sebuah usaha atau tindakan seperti halnya pendirian sebuah perusahaan atau proyek besar. Hal ini dikarenakan sebuah usaha atau tindakan pasti akan memberikan dampak lingkungan meski dampak hanya dalam skala kecil apalagi yang dapat memberikan dampak dalam skala besar. AMDAL tersebut berguna untuk meminimalisir dampak buruk pada lingkungan maupun masyarakat sekitar, beserta pengendaliannya apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Prodi Kesmas STIKes Indramayu berinovasi dalam metode pembelajaran tentang AMDAL yaitu dengan mengadakan kuliah pakar mengenai Teknik Penyusunan Dokumen AMDAL. Kegiatan ini telah dilaksanakan pada hari selasa, 18 April 2017. Acara ini mendatangkan konsultan AMDAL yaitu Dr. Caya, S.E., M.Si. dihadiri oleh mahasiswa kesehatan masyarakat mulai dari mahasiswa semester 4, semester 6 dan semester 8. Kegiatan ini sangat membekali mahasiswa Kesmas sebagai calon Sarjana Kesehatan Masyarakat dalam hal menyusun dokumen AMDAL, karena tidak hanya diberikan materi perkuliahan tetapi juga beberapa contoh dokumen AMDAL yang sesungguhnya serta bagaimana stepnya untuk menjadi seorang konsultan AMDAL .

Salah satu mahasiswa peserta kuliah pakar (Habibi) menyatakan bahwa kuliah pakar terebut sangat menyenangkan baik dari sisi pemateri maupun isi materinya yang berkualitas.  Kuliah ini menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk menjadi seorang SKM yang ahli dalam menyusun dokumen AMDAL termasuk saya sendiri. Semoga Prodi Kesmas STIKes Indramayu lebih sering mengadakan pelatihan – pelatihan yang terkait dengan pengembangan profesi Kesmas.