Bidan sebagai tenaga kesehatan professional memiliki salah satu peran mulia yaitu melaksanakan asuhan kebidanan baik pada ibu dan bayi. Penanganan asuhan kebidanan tidak selamanya berada dalam kondisi yang optimal, kerapkali ditemui proses kelahiran dalam keadaan gawatdarurat, sehingga diperlukan penguasaan kompetensi situasi kegawatdaruratan oleh bidan dalam memberikan asuhan kebidanan untuk menolong keselamatan ibu maupun bayinya. Untuk itu Program Studi Kebidanan STIKes Indramayu membekali Mahasiswa Kebidanan semester VI dengan Pelatihan Maternal and Neonatal Emergency Life Support (MaNELS).

Pelatihan ini sudah dilaksanakan selama 5 hari di minggu ke-2 Maret bertempat di Kampus 2 STIKes Indramayu Jl. Olahraga No. 26 Indramayu. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam melakukan penatalaksanaan kegawatdaruratan maternal dan neonatal. Acara ini terselenggara atas kerjasama yang terjalin antara STIKes Indramayu dan Gadar Medik Indonesia. Setelah mengikuti pelatihan ini mahasiswa mendapatkan sertifikat MaNELS yang akan menjadi poin yang sangat menunjang ketika mereka melamar pekerjaan.

Salah satu peserta pelatihan Siti Ayuni, memberikan kesannya bahwa pelatihan ini sangat bermanfaat, setelah mengikuti pelatihan ini mereka dapat menambah pengetahuan dan keterampilan dalam penanganan kegawatdaruratan, apa yang telah didapat akan menjadi bekal serta pegangan dalam bekerja maupun dalam kehidupan sehari – hari, dan berharap pelatihan ini bisa dilanjutkan pada periode selanjutnya.