Kurikulum menjadi sebuah hal pokok dalam sistem pembelajaran. Adanya manajemen kurikulum yang baik akan menjadikan lulusan pendidikan memiliki kompetensi yang berkualitas pula. Upaya meningkatkan kualitas kurikulum pun dilakukan oleh STIKes Indramayu khususnya pada Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK). Pada tanggal 10-11 Maret 2017 dosen keperawatan STIKes Indramayu mengadakan kegiatan Lokakarya Kurikulum Pendidikan Keperawatan Berbasis KKNI. Tujuan utama diselenggarakannya Lokakarya ini adalah dihasilkannya kurikulum Program Studi Ilmu Keperawatan STIKes Indramayu Berbasis KKNI.

Acara ini menghadirkan narasumber Dr. Fitri Haryanti, S.Kp., M.Kes. sebagai Ketua Tim Penyusun Kurikulum Asosiasi Institusi Pendidikan Ners Indonesia (AIPNI) dan Yati Nurhayati, S.S.T., M.Keb., sebagai Waket I bidang Pendidikan STIKes Indramayu. Adanya upaya perubahan kurikulum ini, perlu pemahaman yang baik dimulai dari dosen dan pengelola PSIK sehingga harapannya dengan diterapkannya kurikulum bersasis KKNI ini akan menghasilkan lulusan program studi keperawatan dan profesi ners STIKes Indramayu yang memiliki kompetensi sesuai target level pada KKNI.

 “Kini PSIK STIKes Indramayu sedang berupaya menyusun kurikulum berbasis KKNI sesuai dengan peraturan pendidikan terbaru. Peningkatan kualitas pendidikan harus dilakukan karena tuntutan terhadap pelayanan kesehatan saat ini semakin meningkat, masalah-masalah kesehatan pun semakin kompleks, juga perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi keperawatan yang semakin canggih, serta persyaratan dunia kerja semakin menuntut tenaga keperawatan yang kompeten, sehingga dunia pendidikan keperawatan harus mampu mempersiapkan lulusan ners yang kompeten untuk mampu berkompetisi baik level nasional maupun global.” demikian disampaikan oleh Ketua Prodi Keperawatan STIKes Indramayu, M. Saefulloh dalam sambutannya.