Flu sangat mudah menyerang siapa saja apabila dalam kondisi imun yang kurang baik . Sering kali flu berakibat pada penurunan produktivitas seseorang. Apalagi dampak dari flu tidak hanya sekedar mengurangi kenyamanan bernafas tapi juga bisa mengakibatkan batuk, radang tenggorokan, pusing hingga demam. Sehingga setiap orang pastilah tidak mengharapkan untuk terkena flu. Namun apabila sudah terlanjur terkena flu, maka beberapa makanan ini dapat membantu meredakan hingga menghentikan flu. Berikut penjelasannya.

Jus Sayur/buah

Meminum jus sayur berarti telah memberikan asupan antioksidan tinggi ke dalam tubuh sehingga meningkatkan imunitas dalam tubuh. Buatlah jus sayur dengan sedikit garam, jus sayur ini dapat mengantisipasi apabila nafsu makan berkurang ketika sedang flu. Apabila bila tidak menyukai sayuran maka alternatifnya adalah jus buah 100%.

Es lilin (100% buah)

Es lilin dapat memberikan efek hidrasi yang merupakan kunci dalam melawan flu. Mencukupi cairan saat flu dapat mengurangi lendir dan meluruhkannya. Selain itu es juga memberikan kenyaman pada tenggorokan yang sakit, bengkak atau kering. Pastikan es terbuat dari jus buah 100% tanpa gula sehingga mendapatkan nutrisi yang optimal dan disarankan untuk membuat sendiri jus buah beku tersebut

Sop Ayam

Makanan ini termasuk makanan bergizi yang juga dapat memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Beberapa bukti ilmiah menunjukkan bahwa sop ayam dapat membantu penyembuhan. Hal ini dikarenakan dapat meingkatkan fungsi rambut hidung dalam melindungi tubuh dari bakteri dan virus.

Bawang putih

Bawang putih memiliki beberapa kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meringankan hidung tersumbat. Apabila tidak sanggup memakan bawang putih secara langsung, maka dapat dijadikan sebagai bumbu berbagai masakan seperti sup.

Jahe

Konsumsi jahe dapat membantu meringankan sakit perut dan mual. Beberapa studi juga menunjukkan jahe dapat melawan peradangan. Jahe yang dikonsumsi dapat berupa wedang jahe tanpa gula atau menambahkan jahe parut/bubuk jahe pada makanan lain.

Pisang
Memakan pisang dapat menghilangkan rasa mual, muntah, hingga mengatasi diare.
segala jenis olahan pisang segar dapat menjadi pilihan seperti pisang iris, bubur pisang, atau dimakan langsung. Dapat juga mengkolaborasikan pisang bersama dengan nasi, saus apel, dan roti panggang. Makanan ini sering menjadi saran pertama untuk mendorong orang dalam pemulihan flu dalam hal masalah perut

Roti panggang

Roti panggang atau biskuit adalah makanan yang mudah didapat dalam melawan penyakit. Akan lebih baik jika disandingkan dengan sup ayam. Makanan ini dapat memenuhi kebutuhan gizi dan mengenyangkan.

Sandwich Turki

Makanan ini mengandung protein yang merupakan bagian penting dari diet sehat. Makan sesuai kebutuhan membantu memberikan energi tubuh untuk melawan penyakit.

 

Demikian beberapa makanan yang mampu mengurangi bahkan mengatasi flu. Semoga dapat menjadi pilihan ketika flu sedang menyerang. Tapi ingat… mencegah lebih baik dari pada mengobati… sehingga tetaplah berperilaku sehat seperti makan seimbang, minum air putih dan istirahat cukup.

 

Sumber :

Zelman, Kathleen. 2014. Foods To Eat During The Flu. http://www.medicinenet.com/foods_to_eat_during_flu_pictures_slideshow/article.htm.