Sabtu, 4 Maret 2017 Himpunan Mahasiswa (HIMA) Program Studi Ilmu Keperawatan (PSIK) STIKes Indramayu mengadakan studi banding ke Himpunan Mahasiswa Ilmu Keperawatan (HIMIKA) Universitas Gadjah Mada dan Universitas Aisyiyah Yogyakarta. Rombongan yang terdiri dari 28 mahasiswa tersebut didampingi langsung oleh Ketua Program Studi Ilmu Keperawatan, M. Saefulloh, S.Kep.,Ns., M.Kep. dan Dosen PSIK STIKes Indramayu. Pada saat kunjungan ke HIMIKA UGM, mereka disambut oleh dosen pembimbing bidang kemahasiswaan PSIK FK UGM, Purwanta, S.Kp., M.Kes. di aula gedung perpustakaan FK UGM. Siang harinya rombongan melanjutkan agenda studi banding ke Universitas Aisyiyah Yogyakarta dan disambut oleh Sekretaris Program Studi Ilmu Keperawatan UNISA, Suratini, S.Kep., Ns., M.Kep., Sp.Kom. di aula gedung A UNISA. Tujuan utama dari rombongan tersebut adalah untuk menjalin ikatan silaturahmi antar mahasiswa dan sebagai wahana bertukar informasi dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kemahasiswaan.

Susunan acara studi banding di UGM dan UNISA hampir sama, diawali dengan pemaparan profil dari HIMIKA UGM dan UNISA setelah itu dilanjutkan pemaparan profil HIMA STIKes Indramayu, dilanjutkan dengan tanya jawab dari masing-masing organisasi. Setelah itu setiap bidang yang ada di kedua organisasi membentuk kelompok kecil, dan mendiskusikan berbagai hal sesuai dengan bidangnya masing-masing.

Organisasi mahasiswa merupakan elemen yang penting pada sebuah perguruan tinggi, yang mana organisasi ini akan mewadahi setiap kegiatan-kegiatan kemahasiswaan. Diharapkan acara ini dapat lebih menambah pemahaman tentang keorganisasian serta  meningkatkan kreatifitas dan inovasi dari HIMA PSIK STIKes Indramayu.

“Studi banding harus bisa saling mengambil sisi positif atau kelebihan sehingga dapat diterapkan di organisasi masing-masing, serta sama-sama mencari solusi untuk mengatasi sisi negatif atau kelemahan,” terang M. Saefulloh dalam sambutannya. Beliau juga menyampaikan agar HIMIKA UGM dan UNISA dapat berkunjung ke Indramayu agar jalinan silaturahmi lebih erat lagi dan kembali melakukan diskusi demi kemajuan masing-masing organisasi.