Persaingan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) semakin ketat, persaingan tidak hanya dalam negeri namun juga pada level internasional. Oleh karena itu, STIKes Indramayu membekali mahasiswa dalam hal kemampuan berbahasa Inggris dengan melaksanakan Intensive English Course agar para lulusan STIKes Indramayu dapat bersaing di era global. Program ini memang sudah menjadi program rutin STIKes Indramayu sejak tahun 2014. Pada tahun 2017 ini telah dilaksanakan program Intensive English course selama satu bulan (9 Januari – 4 Februari 2017) di Pare English Aplication Center Academy (PEACE Academy) Pare Kampung Inggris Kediri Jawa Timur bagi seluruh mahasiswa semester 1 STIkes Indramayu.

Selasa (14/9/2017) telah dilaksanakan evaluasi kegiatan pelatihan ini, yang mana pelaksanaan agenda tersebut juga mencoba fully English environment. Acara ini juga dilengkapi dengan pemutaran film dokumenter selama pelatihan dan drama berdasarkan kasus dari masing-masing program studi yang tentunya dibawakan menggunakan Bahasa inggris. Hasilnya sangat positif terutama dirasakan oleh mahasiswa, bahkan hasil survei membuktikan bahwa mahasiswa menginginkan waktu tambahan untuk belajar Bahasa Inggris karena merasa kurang jika program hanya dilaksanakan 1 bulan. Widia Putri Kusuma, salah satu perwakilan mahasiswa program studi kebidanan menyampaikan kesan dan pesannya “We say thank you, because of this program we can speak English well and increase our knowledge that we never got before. Not only about competences but also from this program, we can build the solidarity among the students from different study program and we can discipline more. I hope we can continue this effort and togetherness.”

Ketua STIKes Indramayu, Heri Sugiarto, S.KM., M.Kes menyampaikan dalam sambutannya “I’m very happy because this program give many advantages for the students and I proud of you who have given the good performance in the drama. I hope all of you can implement your skill because if you don’t use your English skill, It will end up of smoke. So… we must applicate our English every day and start to make English Environment in STIKes Indramayu.” Dalam kesempatan tersebut telah terbangun komitmen baik dari mahasiswa maupun elemen STIKes  Indramayu untuk meningkatkan kemampuan berbahasa inggris agar terbentuknya English environment di STIKes Indramayu dengan menjalankan program English Day yaitu selalu menggunakan bahasa inggris paling tidak 2 hari dalam seminggu yaitu pada hari senin dan kamis.