Mengenal Penyakit Thalasemia

By Admin STIKes | 29 October 2018 | Kisah-Kisah Islami

Thalasemia berasal dari bahasa Yunani yaitu  thalasso yang berarti laut. Pertama kali Ditemukan oleh seorang dokter Thomas B. Cooley tahun 1925 di daerah Laut Tengah, dijumpai pada anak-anak yang menderita anemia dengan pembesaran limfa setelah berusia satu tahun. Anemia ini dinamakan splenic atau  eritroblastosis atau anemia mediteranean atau  anemia Cooley sesuai dengan nama  penemunya. Thalasemia adalah suatu penyakit keturunan yang diakibatkan oleh  kegagalan pembentukan salah satu dari empat rantai asam amino yang membentuk hemoglobin, sehingga hemoglobin tidak terbentuk sempurna. Tubuh tidak dapat membentuk sel darah merah  yang normal, sehingga sel darah merah mudah rusak atau berumur pendek kurang dari 120 hari dan terjadilah anemia (Herdata.N.H. 2008 dan Tamam.M..

Selengkapnya


Jangan Malas Olahraga

By Admin STIKes | 26 March 2016 | Kisah-Kisah Islami

Kesehatan adalah hal essensial bagi kehidupan. Tubuh yang sehat dipastikan merupakan keinginan semua orang. Namun terkadang, banyak orang tidak menyadari betapa pentingnya menjaga kesehatan dan baru menyadari ketika mengalami masalah kesehatan. Olahraga merupakan cara mudah menjaga kesehatan. Begitu banyak manfaat olahraga jika dilakukan secara rutin. Selain meningkatkan kesehatan olahraga juga dapat mencegah berbagai penyakit. Oleh karenanya, setiap orang perlu tahu tentang olahraga dan manfaatnya bagi kesehatan agar tidak malas berolahraga, berikut penjelasannya.

Selengkapnya


Rahasia Umur Panjang dari Berbagai Negara

By Admin STIKes | 26 March 2016 | Kisah-Kisah Islami

Masyarakat pada umumnya pasti menginginkan umur panjang dan sehat. Bertambahnya usia adalah kepastian, namun menua dengan kondisi yang sehat adalah pilihan, karena tidak semua lanjut usia (lansia) memiliki kesehatan yang baik. Diantara lansia ada yang dapat hidup sehat dan mandiri dan ada pula lansia yang hidupnya tergantung pada orang lain. Negara Indonesia menempati urutan ke-5 dengan negara penduduk lansia terbanyak di dunia. Pada 2014, jumlah lanjut usia di Indonesia menjadi 18,781 juta jiwa, dan diperkirakan pada tahun 2025 mencapai 36 juta jiwa. Menurut Dirjen Bina Upaya kesehatan semakin meningkatnya usia disisi lain sistem pertahanan tubuh semakin menurun, sehingga untuk mencegah permasalahan kesehatan di masa tua perlu pembiasaan hidup sehat sejak dini.

Selengkapnya


Mencegah Penyakit Khas Musim Hujan

By Admin STIKes | 10 April 2016 | Kisah-Kisah Islami

Musim hujan secara umum terjadi sekitar bulan oktober sampai maret. Pada bulan maret ini, terlihat bahwa curah hujan di beberapa daerah masih cukup tinggi. Curah hujan yang tinggi berpotensi menimbulkan bencana seperti banjir dan longsor. Salah satu contohnya, dua hari yang lalu (8 Maret 2016), terjadi banjir pada empat kawasan di Jakarta Timur dengan ketinggian bervariasi dari 50cm hingga 2m  akibat luapan Sungai Ciliwung, yaitu di Melayu, Cawang, Cilitan, dan Bidara Cina. Selain dapat menimbulkan bencana yang membuat lingkungan menjadi tidak sehat, musim hujan juga rentan dengan terjadinya perubahan suhu secara cepat. Hal ini melatarbelakangi timbulnya penyakit yang sering muncul bahkan mewabah pada musim hujan. Oleh karenanya, perlu diketahui informasi mengenai cara mencegah penyakit ketika musim hujan datang. Berikut adalah beberapa pecegahan penyakit khas musim hujan.

Selengkapnya


Brain Foods you should know

By Admin STIKes | 2 April 2016 | Kisah-Kisah Islami

Otak merupakan organ yang sangat penting bagi manusia. Setiap kegiatan manusia sehari-hari dikendalikan oleh otak, yang mana otak tetap mengatur aktivitas manusia meski dalam keadaan tidur. Kemampuan otak manusia dapat menurun seiring meningkatnya umur manusia atau bisa juga mengalami gangguan apabila tidak mendapatkkan nutrisi yang baik dalam jangka waktu lama. Jika kerja otak terganggu, maka terganggu pula aktivitas yang dilakukan. Salah satu penyakit gangguan pada otak adalah alzheimer . Penyakit alzheimer dapat timbul pada semua umur, 96% kasus dijumpai setelah berusia 40 tahun keatas. Data Kemenkes RI menunjukkan bahwa pada tahun 2010 terdapat 1 juta penduduk Indonesia yang mengalami alzheimer. Maka dari itu, menjaga kesehatan otak perlu dilakukan sejak dini. Berikut adalah beberapa “brain food” atau makanan yang berpotensi meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta merangsang pertumbuhan sel – sel otak.

Selengkapnya


Manfaat Lemon untuk Kesehatan

By Admin STIKes | 4 April 2016 | Kisah-Kisah Islami

Jeruk lemon (Citrus limon) yang biasa disebut lemon merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan zat gizi lain. Buah ini terbilang mudah didapatkan dan harganya masih terjangkau. Lemon biasanya dimanfaatkan dengan berbagai macam variasi olahan, diantaranya jus lemon, lemon infused water,  lemon tea, lemon honey serta ada pula yang memanfaatkan lemon untuk perawatan wajah. Mengkonsumsi buah lemon secara rutin dapat memberikan manfaat bagi tubuh, namun lemon juga dapat berdampak negatif tubuh apabila tidak dikonsumsi secara benar. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan efek samping lemon dari segi kesehatan .

Selengkapnya


Semakin Sehat dengan Puasa

By Admin STIKes | 4 April 2016 | Kisah-Kisah Islami

Puasa suatu kegiatan yang berarti menahan, menahan dari makan, minum, serta hawa nafsu. Setiap umat muslim pasti mengetahui makna puasa. Namun jangan salah paham, puasa tidak hanya sekedar diwajibkan bagi umat muslim saja, tapi juga dianjurkan bagi setiap orang. Hal ini dikarenakan puasa akan memberikan berbagai manfaat bagi tubuh terutama dalam hal kesehatan. Puasa bahkan dapat menjadi solusi terapi bagi beberapa penyakit. Berikut beberapa penjelasan manfaat puasa bagi kesehatan.Type the title here

Selengkapnya



Akibat Emosi Negatif bagi Kesehatan

By Admin STIKes | 7 April 2016 | Kisah-Kisah Islami

Setiap manusia mempunyai tingkat emosi masing-masing, ada orang yang mudah mengekpresikan emosi dan ada juga orang yang dapat mengatur emosinya dengan baik. Menurut asisten profesor Universitas Minnesota, Karen Lawson, MD, emosi dan tubuh merupakan 2 hal yang tidak dapat dipisahkan. Walau bagaimanapun emosi negatif dapat memiliki efek yang buruk bagi kesehatan tubuh. Berikut penjelasan beberapa emosi negatif serta dampaknya bagi kesehatan tubuh.

Selengkapnya