Rahasia Menikmati Amal Sholih

By Jonathan Doe | 17 2014 | Kisah-Kisah Islami

Rahasia menikmati amal sholih 1.Jangan pernah sekalipun meninggalkan semua amal sholih terlebih yang wajib Karena susah untuk memulai lagi ketika sudah meninggalkan

Selengkapnya


Pacaran Berkedok Ta'aruf

By Admin STIKes | 8 February 2015 | Kisah-Kisah Islami

 “Ukhti Ana ingin sekali memiliki Istri yang cerdas, yang baik ahklak dan agamanya seperti Anti, maukah Ukhti berta`aruf dengan Ana?”

Selengkapnya


Menghidupkan Hati dan Terjaga dari Melakukan Bid'ah

By Admin STIKes | 2 March 2015 | Kisah-Kisah Islami

Syaikh Abdullah bin Hamud Al Farih-hafizhahullah-menerangkan beberapa manfaat jika kita mengikuti sunnah Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam, diantaranya adalah :

Selengkapnya


Solusi dari setiap problematika kehidupan

By Admin STIKes | 2 March 2015 | Kisah-Kisah Islami

Apapun bentuk kehidupan yang ada, baik kehidupan individu, keluarga, masyarakat maupun kehidupan bernegara pastilah memiliki problematika kehidupan dan butuh solusi yang terbaik. Bagaimana solusinya? Allah Tabaraka wa Ta’ala berfirman,

Selengkapnya


Pentingnya Gizi Seimbang

By Admin STIKes | 26 February 2016 | Kisah-Kisah Islami

Gizi merupakan hal yang sangat penting untuk keberlangsungan hidup manusia. Manusia dapat tumbuh dan berkembang dikarenakan terpenuhinya kebutuhan gizi dengan baik. Pemenuhan Gizi yang baik akan menjadikan sumber daya manusia yang optimal. Namun, di Indonesia masih mengalami permasalahan gizi masyarakat. Berdasarkan data Riskesdas 2013, prevalensi anak balita Indonesia yang mengalami gizi kurang, pendek, dan gemuk berturut-turut adalah 19.6%, 37.2%, dan 11.9%. Sedangkan pada anak usia sekolah (5-12 tahun) prevalensi anak yang mengalami kurus, pendek dan gemuk berturut-turut adalah 11.2%, 30.7%, dan 18.8%. Data tersebut menunjukkan bahwa beban ganda permasalahan gizi masih menjadi permasalahan yang perlu segera diatasi. Hal ini perlu diperhatikan karena masa depan bangsa Indonesia yang akan datang ditentukan oleh Balita dan anak-anak saat ini. Oleh karena itu masyarakat, terutama mulai dari usia dini, perlu mendapat gizi seimbang (memadai) agar bermutu secara fisik dan intelektual. Gizi Seimbang adalah suatu kondisi yang mana terjadi kesesuaian antara kebutuhan gizi dengan pemenuhan gizi. Salah satu program pemerintah untuk mengatasi permasalahan gizi adalah Pedoman Gizi Seimbang (PGS) yaitu salah satu sarana pendidikan & penyuluhan gizi kearah pola hidup sehat & sadar gizi (perilaku gizi seimbang). PGS ini diwujudkan dalam 10 Pesan Umum Gizi Seimbang (PUGS) yang merupakan pembaharuan dari 13 Pesan Dasar Gizi Seimbang. Apa saja 10 Pesan Umum Gizi Seimbang? Berikut ini adalah Penjelasan mengenai 10 Pesan Umum Gizi Seimbang :

Selengkapnya


Hal-Hal Yang Dapat Mengganggu Fungsi Ginjal

By Admin STIKes | 15 May 2015 | Kisah-Kisah Islami

Ginjal merupakan organ yang sangat penting dan mempunyai peran vital untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Apabila kondisi ginjal terganggu, maka hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan kita secara keseluruhan.

Selengkapnya


Berbagai Macam Penyebab Mata Merah dan Iritasi

By Admin STIKes | 15 May 2015 | Kisah-Kisah Islami

Mata merah adalah suatu kondisi yang cukup sering dialami banyak orang. Mata merah bisa terjadi akibat pelebaran pembuluh darah yang memungkinkan timbulnya warna kemerahan pada permukaan bola mata.

Selengkapnya


Profesi Kesehatan Masyarakat

By Admin STIKes | 20 February 2016 | Kisah-Kisah Islami

Sebagian besar masyarakat mungkin masih belum mengerti tentang profesi kesehatan masyarakat (Kesmas). Umumnya pertanyaan yang muncul terkait kesehatan masyarakat adalah akan jadi apa setelah kuliah di kesmas? Apa saja yang dipelajari? Apakah hanya bisa bekerja di Puskesmas? Oleh karena itu berikut ini akan dijelaskan mengenai profesi kesehatan masyarakat.

Selengkapnya


Waspada Virus Zika

By Admin STIKes | 27 February 2016 | Kisah-Kisah Islami

Virus Zika adalah sebuah virus yang menjadi headline pemberitaan akhir-akhir ini. Sebagian besar masyarakat mungkin belum mengetahui apa itu virus zika. Tahun 2015, lembaga Eikjman melaporkan kehadiran virus zika kepada Kementerian Kesehatan Indonesia. Virus ini ditemukan saat terjadi wabah demam dengue di Provinsi Jambi pada periode Desember 2014 sampai April 2015 (National Geographic, 2016). Ditemukannya virus zika di Indonesia, sepatutnya membuat masyarakat waspada, setidaknya masyarakat perlu mengetahui tentang pengertian, penyebaran, gejala, dan pencegahannya. Hal ini dikarenakan virus zika ditularkan melalui nyamuk dan Indonesia merupakan negara tropis dengan populasi nyamuk yang tinggi. Berikut informasi tentang virus zika :

Selengkapnya


Kusta Bisa Sembuh Tuntas, STOP Stigma dan Diskriminasi

By Admin STIKes | 27 February 2016 | Kisah-Kisah Islami

Penyakit kusta masih menjadi permasalahan penyakit menular di Indonesia. Pemerintah menargetkan eliminasi kusta tiap provinsi eliminasi kusta pada tahun 2019. Namun kenyataannya pada tahun 2013 masih terdapat 16.856 kasus baru kusta, angka tersebut menempati posisi tertinggi ketiga di dunia (Data Pusdatin Kemenkes RI, 2013). Hal ini dikarenakan penemuan dini kusta dimasyarakat masih sulit dilakukan.  Anggapan yang salah kaprah berkembang di masyarakat bahwa kusta adalah penyakit turun-temurun, dari kutukan / dari dosa. Membuat penderita kusta malu memeriksakan diri/melaporkan penyakitnya ke layanan kesehatan. Padahal kusta merupakan penyakit menular dengan risiko penularan yang kecil, dikarenakan penularan terjadi jika seseorang kontak dengan penderita kusta yang belum minum obat dalam jangka waktu lama. Selain itu, kusta adalah penyakit yang bisa disembuhkan total. Selama masih ada anggapan yang salah di lingkungan masyarakat maka hal ini akan menjadi hambatan terhadap usaha pencegahan dan penanggulangan penyakit kusta. Oleh karena itu perlu pembenahan opini masyarakat mengenai penyakit kusta.

Selengkapnya