Program Studi D-III Kebidanan

Ketua Prodi Dewi Eka Stia M, S.S.T.,M.Kes
Sekpro

Meran Dewina, S.S.T., M.Keb

Phone 0234-272020
Fax 0234-271229
Email stikes_indramayu@yahoo.com
Website stikesindramayu.ac.id
Address Jl. Wirapati - Sindang

Visi Program Studi Kebidanan :

Visi Program Studi Kebidanan STIKes Indramayu adalah Menghasilkan Ahli Madya Kebidanan yang profesional, unggul dalam Kebidanan Komunitas, religius dan mampu bersaing secara global pada Tahun 2020.

Penjelasan :

Profesional dalam arti memiliki pengetahuan dan keterampilan sesuai dengan kompetensi kebidanan, sehingga mampu bersaing dengan institusi lain dan bisa lulus dalam ujian kompetensi.

Unggul dalam kebidanan komunitas dalam arti mempunyai kemampuan lebih dibandingkan dengan institusi pendidikan lainnya khususnya dalam Kebidanan Komunitas. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif dan produktif, bersikap terbuka, tanggap terhadap perubahan dan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kebidanan maupun terhadap masalah kesehatan yang dihadapi masyarakat serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama. Indikator lulusan mampu melakukan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang kebidanan.

Religius dalam arti mampu menerapkan nilai-nilai religius serta memiliki, memelihara dan mengembangkan integritas kepribadian yang tinggi, rasa tanggung jawab, sifat dapat dipercaya serta menaruh perhatian dan penghargaan sesama manusia sesuai dengan etika kebidanan.

Mampu bersaing secara global dalam arti mempunyai kemampuan untuk berkompetisi dalam baik di dalam negeri maupun di luar negeri dalam mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu kesehatan, khususnya ilmu kebidanan dalam upaya mencapai penyelesaian masalah kesehatan klien secara individu, masyarakat dan sistem pelayanan kesehatan dengan ikut serta dalam pendidikan dan penelitian

Misi Program Studi Kebidanan :

Misi Program Studi Kebidanan STIKes Indramayu adalah

  1. Melaksanakan pengelolaan pendidikan yang akuntabel, kredibel, dan transparan dalam rangka terselenggaranya Program Pendidikan yang berkualitas.
  2. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran secara profesional, transparan dan berkualitas.
  3. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka mengembangkan dan mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya di bidang kebidanan.
  4. Menjalin kerjasama dengan instansi-instansi pelayanan kesehatan maupun instansi lain guna mendukung proses pembelajaran, penelitian, pengabdian masyarakat maupun pendayagunaan lulusan.

Tujuan Program Studi Kebidanan

Sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan, maka tujuan Program Studi Kebidanan dijabarkan sebagai berikut :

  1. Menjadi perguruan tinggi pendidikan kesehatan yang berkualitas, professional, transparan dan akuntabel.
  2. Menjadi perguruan tinggi yang menghasikan lulusan bidan yang kompeten, profesional, religius dan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam melaksanakan asuhan kebidanan secara holistik sesuai dengan evidence based dan mengembangkan diri sebagai bidan profesional yang berakhlak mulia
  3. Menjadi perguruan tinggi yang mampu meningkatkan kemampuan civitas akademika dalam melaksanakan riset dan pengabdian masyarakat dalam ruang lingkup kebidanan yang dapat menunjang hardskill dan softskill berbasis bukti ilmiah (evidence based).
  4. Menjadi perguruan tinggi yang mempunyai jaringan kerjasama yang saling menguntungkan dengan instansi pemerintah, swasta, lahan praktik, serta institusi pendidikan kebidanan lainnya untuk berbagai kegiatan baik di nasional maupun internasional dan menyelenggarakan program-program untuk menumbuhkembangkan ilmu kebidanan yang berkelanjutan untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan mengikutsertakan peran serta masyarakat