Pesan Nasionalisme dan Kebahagiaan dari warna-warni batik Indonesia

By Admin | 2 November 2017 | Berita Mahasiswa

Hari ini bertepatan dengan hari batik Nasional STIKes Indramayu mewajibkan seluruh anggota civitas akademika dan staff karyawan untuk mengenakan batik. Dalam upacara yang dilangsungkan setiap hari senin, Heri Sugiarto, S.KM., M.Kes menyampaikan bahwa pakaian batik yang beragam baik secara motif, warna, dan variasi mampu memberikan warna cerah tersendiri bagi kehidupan akademik di STIKes Indramayu. Beragamnya motif dan warna batik juga menjadi symbol bahwa Indonesia adalah Negara yang sangat beragam namun itu tidak menjadikan alasan untuk menjadikan bangsa Indonesia terpecah belah. Keberagaman adalah dinamika kehidupan yang harus dilestarikan untuk dapat hidup berdampingan satu sama lain.

Selengkapnya


Pembekalan Calon Tenaga Kesehatan Sebagai Upaya Meningkatkan Profesinoalitas Kinerja Lulusan STIKes Indramayu

By Admin | 27 October 2017 | Berita Mahasiswa

Indramayu, dalam upaya meningkatkan kualitas lulusan yang mampu bersaing di era global STIKes Indramayu memberikan pembekalan kepada para wisudawan/wisudawati pada tanggal 22 September 2017. Pembekalan diselenggarakan oleh tiga Program Studi yaitu Program Studi Profesi Ners, Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Program Studi Kebidanan. Masing-masing program studi menghadirkan pembicara yang berkompeten guna menyampaikan beberapa hal penting terkait keanggotaan tenaga kesehatan baik bagi bidan, perawat maupun ahli kesehatan masyarakat dan prosedur pengajuan STR (Surat Tanda Registrasi) sebagai bukti legal bagi tenaga kesehatan untuk dapat mengaplikasikan ilmunya kepada masyarakat.

Selengkapnya


MENGGAPAI MIMPI DI NEGERI SAKURA

By Admin | 25 October 2017 | Berita Mahasiswa

Saya selayaknya mahasiswa pada umumnya banyak menghabiskan waktu-waktu saya di ruang kuliah, ruang sekretariat BEM, dan pojokan warung-warung kecil untuk menghabiskan makan siang sambil berbincang obrolan kosong khas mahasiswa. Saat itu impian saya sederhana, kuliah tepat waktu lalu mendapatkan pekerjaan sebagai perawat di Indramayu. Tak terlintas sedikitpun untuk berkarir melintasi beberapa Negara dan harus terpisah jauh dengan keluarga.

Selengkapnya


Olahraga Menyatukan Kita

By Admin | 18 October 2017 | Berita Mahasiswa

Mens sana in corpore sano adalah sebuah ungkapan popular dari bahasa Latin yang memiliki arti "Jiwa yang sehat dalam tubuh yang sehat.". Pentingnya kesehatan melalui kegiatan olahraga telah dipercaya oleh masyarakat untuk meningkatkan produktivitas hidup. Tahun 2017, Indonesia memperingati hari olahraga Nasional yang jatuh pada tanggal 09 September dan mengangkat tema “Olahraga Menyatukan Kita”

Selengkapnya


Menuju Literasi Indonesia yang Merdeka

By Admin | 18 October 2017 | Berita Mahasiswa

Bung hatta dalam sebuah pidatonya berucap dengan  lantang “Aku rela dipenjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.” Dari kalimat tersebut dapat tergambar betapa dengan membaca adalah jembatan kemerdekaan bagi setiap manusia. Namun sayangnya minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah dan jauh tertinggal dari Negara lain. Data statistik UNESCO 2012 menyebutkan indeks minat baca di Indonesia baru mencapai 0,001. Artinya, setiap 1.000 penduduk, hanya satu orang saja yang memiliki minat baca. Angka UNDP juga mengejutkan bahwa angka melek huruf orang dewasa di Indonesia hanya 65,5 persen saja. Sedangkan Malaysia sudah 86,4 persen. 

Selengkapnya


Prodi Kesmas STIKes Indramayu Gelar Kuliah Pakar : Teknik Penyusunan Dokumen AMDAL

By Admin | 19 May 2017 | Berita Mahasiswa

Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (AMDAL) sangat penting dan merupakan sebuah syarat dalam hal pelaksanaan sebuah usaha atau tindakan seperti halnya pendirian sebuah perusahaan atau proyek besar. Hal ini dikarenakan sebuah usaha atau tindakan pasti akan memberikan dampak lingkungan meski dampak hanya dalam skala kecil apalagi yang dapat memberikan dampak dalam skala besar. AMDAL tersebut berguna untuk meminimalisir dampak buruk pada lingkungan maupun masyarakat sekitar, beserta pengendaliannya apabila terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

Selengkapnya


Pelantikan Himaprodi Periode 2017/2018 : Membentuk Kader-kader Pemimpin yang Profesional dan Penuh Dedikasi

By Admin | 5 May 2017 | Berita Mahasiswa

Rabu, 05 April 2017 bertempat di Aula Baru Kampus STIKes Indramayu dilaksanakan pelantikan kepengurusan Himpunan Mahasiswa Program Studi (Himaprodi) STIKes Indramayu periode kepengurusan tahun 2017-2018. Kegiatan ini berupa pelantikan secara resmi pengurus Himaprodi periode 2017-2018 disertai serah terima jabatan dari pengurus sebelumnya kepada pengurus yang baru. Pelantikan ini akan dilanjutkan dengan Rapat Kerja (Raker) yang mengusung tema “Membentuk Kader-kader Pemimpin yang Profesional dan Penuh Dedikasi untuk Himaprodi yang Berkualitas”.

Selengkapnya


MUSMA IV Hima Kesmas : Meningkatkan profesionalitas, solidaritas, dan kreativitas pengurus HIMA KESMAS untuk periode 2017 – 2018

By Admin | 24 April 2017 | Berita Mahasiswa

Jumat, 17 maret 2017 Himpunan Mahasiswa kemas STIKes Indramayu mengadakan acara musyawarah Mahasiswa , yang dihadiri oleh perwakilan mahasiswa kesmas dari tiap semester, Presiden BEM STIKes Indramayu, anggota hima dari tiap Program Studi serta dihadiri pula oleh Waket III bidang Kemahasiswaan  Riyanto S.Kep,. Ners,. M.Kep. dan ketua STIKes Indramayu Heri sugiarto S.KM., M.Kes.

Selengkapnya


Kompetisi Futsal 5th BEM STIKes Indramayu : Show Your Skill and Solidarity to be The Real Champion

By Admin | 21 April 2017 | Berita Mahasiswa

BEM STIKes Indramayu tidak pernah berhenti membangkitkan semangat kompetisi para penggemar Futsal Se-Wilayah 3 Cirebon hingga se-Jawa Barat. Mempunyai tujuan untuk mengasah bakat dan skill futsal mahasiswa/siswa sekolah di Indramayu membudayakan aktifitas fisik sesuai dengan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) pada generasi muda. Selama perhelatan 1 minggu (12-19 Maret 2017) BEM STIKes Indramayu bersama UKM Futsal STIKes Indramayu sukses menyelenggarakan kompetisi futsal yang selalu ditunggu oleh penggemarnya, yang saat ini sudah diselengarakan untuk yang ke-5 kalinya, yaitu bertajuk “Futsal Competition 5th BEM STIKes Indramayu”.

Selengkapnya


Maternal and Neonatal Emergency Life Support Training-Untuk Mahasiswa Kebidanan STIKes Indramayu

By Admin | 20 April 2017 | Berita Mahasiswa

Bidan sebagai tenaga kesehatan professional memiliki salah satu peran mulia yaitu melaksanakan asuhan kebidanan baik pada ibu dan bayi. Penanganan asuhan kebidanan tidak selamanya berada dalam kondisi yang optimal, kerapkali ditemui proses kelahiran dalam keadaan gawatdarurat, sehingga diperlukan penguasaan kompetensi situasi kegawatdaruratan oleh bidan dalam memberikan asuhan kebidanan untuk menolong keselamatan ibu maupun bayinya. Untuk itu Program Studi Kebidanan STIKes Indramayu membekali Mahasiswa Kebidanan semester VI dengan Pelatihan Maternal and Neonatal Emergency Life Support (MaNELS).

Selengkapnya